Singapore Kaya dari Industri

156

Orang sering salah perkiraan bahwa Singapore hidup dari dagang itu salah, Singapore kaya dari Industri. Singapore punya program tertata dalam industry, itu ada Singapore Version 1, Singapore Version 2 dan sekarang program Singapur Version 3.

Dengan prrogram itu Indonesia tergantung Singapore, baik BBM maupun produk-produk Petrokimia. Kapasitas refinery Singapur 1,3 juta barrel perhari, industri ethylene sebagai bahan baku berbagai produk petrokimia, kapasitas industri ethylene Singapore 2,7 juta ton, Malaysia 1,8 juta ton dan Thailand 3,2 juta ton, dan Indonesia hanya 0,8 juta ton, padahal kebutuhannya 2 juta ton jadi BBM, bahan baku tekstil, bahan baku plastik dll Indonesia tergantung Singapore dan negara-negara Asean lainnya, itu hanya contoh dari beberapa produk, demikian juga barang-barang jadiĀ  hasil industri hilir lainnya banyak tergantung dari luar.

Padahal indonesia kalau mau lebih dari itu bisa. Itu hanya bisa diatasi kalau punya jiwa nasionalisme dan melaksanakan pasal 33 UUD 45. Hidup NKRI.

RP