Indonesia Perlu Membangun Industri

164

Saya kira betul pemikiran Pak Agus Tjahajana bahwa Indonesia perlu membangun industri. Petro kimia masuk top 100 dunia, masa kalah sama Taiwan dengan NPDC, Thailand dengan PTT Global Chemical, Petronas, Iran dengan NPC dan Saudi Arabia dengan SABIC-nya.

Indonesia belum masuk top 100 in the world, dan yang masuk the big 10 in the world dari Asia hanya tiga, yaitu Sinopec dari China, Mitsubishi dari Jepang dan SABIC dari Saudi Arabia. Khusus SABIC yg pada tahun 2010 hanya nomor 7 di dunia, sekarang sudah menjadi nomor 4 di dunia dan Sinopec yg tahun 2010 no 4 dunia sekarang sudah menjadi no 2 didunia. Sale revenue SABIC (Saudi Basic Industries Corporation) yang nomor 4 dunia mencapai $44 milar dan sale revenue no 100 dunia sekitar $3 miliar. Dengan adanya Masela mudah-mudahan menjadi inspirasi bangkitnya pembangunan industri petrokimia Indonesia yang sudah masuk dalam RIPIN (Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional) yg disusun oleh perindustrian dgn tenaga-tenaga dari ITB, GAMA, UI, IPB, UNPAD, UNSRI dan KADIN.

Kita harus punya keyakinan bahwa Indonesia minimal bisa masuk kedalam 15 besar dunia karena punya SDA (Sumber Daya Alam), punya pasar dan punya ahli-ahli termasuk yang di Fortuga, tapi itu saja tidak cukup, perlu ada jiwa perjuangan khusus yaitu nasionalisme. Salam.

RP