Bahaya!!! Kalau Pinjaman Tidak Direncanakan Bayarnya Darimana

52

Mengutang baik kalau digunakan untuk yang produktif misalnya membangun industri berbasis SDA (Sumber Daya Alam) untuk meningkatkan nilai tambah. Negara-negara lain membangun industrinya dengan pinjaman karena dengan ingustri bisa meningkatkan penerimaan negara bisa membayar karyawan bisa bayar infrasttuktur seperti bayar listrik, bayar air, bayar toll, bayar pelabuhan termasuk bayar pinjaman beserta bunganya.

Kalau pinjaman tidak direncanakan bayarnya darimana, itu bisa berbahaya apalagi kalau utang dalam mata uang asing seperti dollar sedang pendapatan dari rupiah ya harus hati-hati karena begitu rupiah melemah utang bukan berkurang malahan utang jadi bertambah.

Dengan industri yg menghasilkan barang untuk subsitusi import atau untuk export pasti utang dan cicilannya bisa dibayar karena bisa menaikan cadangan devisa baik dari penghematan (subsitusi import) maupun dari peningkatan devisa (export). Penerimaan dari nilai tambah industri bisa dari berbagai SDA (Sumber Daya Alam) misalnya dari hasil industti migas, batubara dan hasil tambang lainnya. Selamat berlibur.

RP