Industri dan Infrastruktur

113

Diskusi disebelah mengenai industri dan infrastruktur. Industri itu ada tiga yg saling terkait (berhubungan) yaitu: 1. Upstream industry (industri hulu), 2. Intermediate industry (industri antara), 3. Downstream industry (industri hilir) yaitu industri yg menghasilkan barang siap pakai misalnya pakaian jadi, alat rumah tangga , alat kesehatan dsb. Upstream industry adalah industri yg high invesment high technolgy high risk low/ medium return tapi strategic seperti Refinery, industri petrokimia, industri logam dasar.

Kalau bangun upstream industry (industri hulu) itu sudah termasuk infrastruktur seperti water treatmen, pelabuhan, power plant waste treatment dll. Sebqgai contoh industri yg pernah dilakukan sepertu pembangunan Refinery, Industri pupuk, industri baja dll. Waktu Indonesia mulai membangun industri-industri tersebut belum ada infrastuktur, karena industri hulu investasinya tinggi maka tidak masalah bangun infrasteuktur, tapi untuk industri down stream seperti bikin pakaian, bikin sepatu, bikin alat2 rumah tangga, bikin tas dll. Barang siap pakai memang perlu disiapkan infrastrukturnya karena modalnya rendah sehingga tidak mungkin bangun infrastrutur sendiri dan seharusnya utk industri hilir yg investasinya rendah jangankan infrastruktur yg harus disiapkan seperti air, listrik, wsate treatment, sebaiknya tanah dengan harga murah dan jika perlu disiapkan atau dikasih dengan harga murah kenapa? Karena industri hilir investasinya rendah lain dgn industri upstream ambil contoh untuk bangun industri methanol pemakaian gasnya perton methanol 32 mmbtu itu sudah termasuk utk listrik, tapi utk bikin asam asetat dari methanol itu perlu infrastruktur listrik dan air. Jadi utk industri upstream listrik dan air juga pelabuhan sudah masuk dalam investasi oleh karena itu industri upstream karena investasinya tinggi, tapi utk industri down stream (industri hilir) semua sarana (infra struktur) harus disiapkan karena modalnya rendah ya nggak mungkin menyiapkan infrastruktur sendiri.

Semua pabrik pupuk seperti Pusri, Pupuk Kujang, Kaltim, PIM di Aceh, Petrokimia juga industri baja Cilegon waktu dibangun belum ada infrastruktur karena itu industri upstream (industri hulu). Setelah ada industri hulu maka industri antara dan industri hilirnya tinggal ikut aja. Selamat berlibur.

RP