Mengapa Bangun Industri, Banyak Yang Bangkrut

121

Bangun industri banyak yang bangkrut. Industri bangkrut ya bisa aja karena yang menyiapkan industri bukan ahlinya.  Kok Singapur, Korea,Taiwan, Jepang dan sekarang China dengan import SDA industrinya bisa maju. Bangun industri itu harus melalui tahapan study mulai dari desk study, pre FS dan bankable FS. Kalau sudah bankble FS insya Allah tidak akan bangkrut.

China dan Korea maju itu pada waktu mengembangkan industrinya setiap tahun bangun industri lebih dari 200 pabrik industri hulu dan industri antara dan sampai industri hilir bisa sampai puluhan kali lipat. Dengan program industri dan import SDA termasuk import dari Indonesia Korea yg tahun 1961 sama-sama dengan Indonesia sebagai negara miskin dengan GDP perkapita Korea $82 dan Indonesia $47, Korea menjadi negara maju dan makmur dgn GDP perkapita thn 2014 sebesar $28,000 sedangkan Indonesia dgn export SDA GDP perkapitanya pada thn 2014 hanya $3,513.

Jadi yg menjadikan negara maju dan rakyatnya makmur adalah negara yg bisa mengolah SDA dengan teknologi meskipun dengan import SDA

Mari kita proses SDA dengan teknologi dan kita disini banyak insinyur TK yg bisa mengolah SDA, kalau bukan TK siapa lagi? dan kalau bukan sekarang kapan lagi? Selamat berlibur.

RP