Aturan SDA di Indonesia Kebablasan

398

Semua negara menarik investor dari luar cuma mereka ada aturannya dan hanya Indonesia kebablasan. Di Malaysia, Thailand, Iran dan di negara-negara Timur Tengah seperti Saudi Arabia, Qatar, Oman, Abudhabi, dll apalagi di China industri hulu berbasis SDA (yg ada di negara mereka) haram hukumnya dikuasai asing dan asing hanya boleh di industri antara dan di industri hilir, sedangkan di Indonesia asing bebas.

Sangat strategisnya industri berbasis SDA (Sumber Daya Alam) sampai industri diluar negara tersebut diatas saja mereka ikut memiliki saham karena mereka tahu industri berbasis SDA sangat strategis. Ambil contoh di Petrokimia Gresik, pabrik asam fosfat yg baru  dengan SDA batuan fosfat yg import dari Jordan, perusahaan Jordan yaitu JPMC ikut jadi pemegang saham.

Nah disini kita puluhan tahun tertipu, asing boleh pegang saham mayoritas dgn bahan baku yg ada di Indonesia mulai dari gas, minyak, logam dll yang mempunyai nilai tambah jauh lebih tinggi  dibandingkan nilai tambah batuan fosfat nggak ada apa-apanya. Jadi kita ini sudah melanggar pasal 33 UUD 45. Lucunya negara-negara yang tidak memiliki pasal 33 tapi mereka melaksanakannnya sampai keluar negaranya.